Maluku Kembali Ekspor Cakalang ke Jepang
Written by Administrator   
Thursday, 01 October 2020 04:49

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_ekspor-Tuna.jpegSaat ini perekonomian bergerak lambat. Banyak perusahaan harus gulung tikar akibat pandemi Covid-19. Namun di balik musibah ini, PT Aneka Sumber Tata Bahari (ASTB) justeru bangkit. Perusahaan ikan di Maluku ini baru saja mengekspor ikan calakang sebanyak 25,5 kilogram ke salah satu perusahan di Jepang, Sabut (19/9). Nilai ekspor kali ini mencapai USD 43.500 atau setara Rp 565 juta rupiah.

Direktur PT ASTB, Kun Kusno berharap dengan ekspor dapat meningkatkan membangkitkan perekonomian serta membantu masyarakat untuk memperbaiki kehidupan sosialnya. “Maluku memiliki potensi dalam bidang perikanan. Namun, potensi yang ada ini telah lama tidak dikembangkan terutama untuk tujuan ekspor,” ungkapnya.

Menurut Kisno, ekspor ikan cakalang ke Jepang merupakan ekspor perdana di tengah pandemi covid-19. “Terakhir kami ekspor ikan di tahun 2012 silam. Dan setelah 8 tahun vakum, kami kembali bangkit di tengah pandemi Covid -19 (C-19) ini. Ikan yang di ekspor itu akan dijadikan sebagai bahan baku katsuobushi atau ikan kayu dengan kualitas premium,” tutur dia.

Sekarang ini, lanjut dia, permintaan dunia, khususnya perusahaan di Jepang, menginginkan penggunaan alat tangkap pole and line (Huhate) yang menghasilkan kualitas ikan terbaik, ramah lingkungan serta padat karya dalam artian satu kapal mempekerjakan 20-30 nelayan.

“Makanya, kami ingin mengembalikkan kejayaan Maluku dalam hal penghasil ikan cakalang dengan kualitas terbaik di dunia seperti sebelum tahun 2000 silam,” tutur dia.

Total populasi kapal nelayaan Huhate maupun Rurehu yang ada di Pulau Ambon sebelum tahun 2000, ada sekitar 400 unit. sSekarang hanya tersisa 30 unit saja yang beroperasi. Hal ini disebabkan karena biaya operasional yang tinggi sebab daerah penangkapan semakin jauh.

“Kalau dulu, fishing trip hanya satu hari saja. Tapi sekarang, 5-7 hari karena banyak kapal-kapal dari luar Maluku yang di wilayah mereka. Ini yang harus diperhatikan oleh para pengambil keputusan di Maluku,” ulasnya.

Kusno menjelaskan, keberadaan kapal Huhate ini sangat bagus karena mampu mempekerjaan puluhan nelayan. “Nah, apabila kita bisa mengembalikkan jumlah kapal-kapal huhate seperti tahun-tahun sebelumnya, maka akan tersedia lapangan kerja yang tersedia ada sekitar 8000 sampai 10,000 orang. Dampak ini juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelasnya.

Bersamaan dengan Maluku sebagai LIN. dia berharap, pemerintah bisa memasukkan alat tangkap Huhate dalam program nasional itu. Karena masyarakat Maluku sudah terbiasa dengan alat tangkap tersebut sejak dulu.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tim peningkatan ekspor Maluku, mulai dari pihak Indag Maluku, Balai Karantina, Bea Cukai hingga Forwarder karena membantu kami dalam kegiatan ekspor di tengah pandemi ini,” tutup Kusno dalam rilisnya yang diterima Ambon Ekspres, Minggu (20/9).

Sementara itu, Syarif Hidayat, Kepada Bidang Luar Negeri, Dinas Perindag Maluku menurutkan, ikan merupakan salah satu produk hasil laut Tanah Air yang diminati pasar internasional seperti Jepang. “Bahan baku yang di ekspor merupakan serapan dari nelayan Maluku. Kami memprediksi permintaan ekspor ikan dari Maluku akan meningkat dari tahun ke tahun,” tutur dia.

Pria murah senyum ini menambahkan, ekspor langsung dari Maluku kedepannya akan mengalami peningkatan karena para calon eksportir bisa memanfaatkan perlbagai fasilitas teknologi yang ada, salah satunya adalah aplikasi Early Information System yang melakukan pelayaran 24/7.
“Artinya, ada pelayaran 24 jam dan 7 hari seminggu non stop untuk mendukung dan membackup proses ekspor langsung dari ‘Bumi Seribu Pulau’,” kunci Syarif.

Sumber : Ambon Ekspres

 Maluku Kembali Ekspor Cakalang ke Jepang
 

Artikel Terkait

Migrasi & Pelaporan LKPM OSS 1.1

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday29
mod_vvisit_counterYesterday255
mod_vvisit_counterThis week1501
mod_vvisit_counterThis month12088
mod_vvisit_counterAll1104925