Terdaftar, 31 Penangkar Benih Perkebunan Di Maluku
Written by Administrator   
Monday, 23 September 2019 04:19

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_benih.jpgSebanyak 31 penangkar benih/bibit perkebunan yang tersebar pada 11 Kabupaten/Kota di Maluku dipastikan telah terdaftar pada Dinas Pertanian Provinsi Maluku tahun 2019.

Namun demikian, masih banyak penangkar benih/bibit perkebunan yang belum terdaftar pada Dinas Pertanian Provinsi Maluku,” kata Ir. Leny Patty, Kasie Perbenihan dan Perlindungan Bidang Perkebunan Distan Maluku di Ambon, Selasa (27/8/2019).

Menurut Patty, 31 penangkar benih/bibit perkebunan yang terdaftar itu adalah petani dan merupakan binaan dari Distan Maluku.

31 penangkar benih/bibit perkebunan memiliki jenis usaha penangkaran bibit Cengkeh, Pala dan Kelapa dan Distan Maluku bertugas untuk melakukan inventarisasi dan pembinaan.

“Jadi tahun 2019 ini kami sudah melakukan inventarisasi dan pembinaan kepada para penangkar, agar aktifitas mereka harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) misalnya spek bibit, poly bag, dan lain-lain,” ucapnya.

Para penangkar benih yang sudah dilakukan inventarisasi dan pembinaan adalah di Maluku Tengah Desa Ruta bibit Cengkeh dan Pala; Seram Bagian Barat Desa Waimital bibit Cengkeh dan Pala; Buru dan Buru Selatan bibit Pala; MTB Desa Lingat dan Malteng Dusun Waitetes Desa Makariki bibit Kelapa.

Dikatakan, petugas Pengawas Benih Tanaman (PBT) dilibatkan dalam melakukan sertifikasi, pengawasan sampai peredaran benih, dengan melihat apakah benih/bibit sudah sesuai dengan SNI atau belum.

Jika benih/bibit sudah lolos sertifikasi maka diberikan Label untuk kemudian diserahkan kepada petani.

Hasil dari sertifikasi benih/bibit dapat menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan hitungan satu anakan Rp.100.
Sumber : Tribun Maluku

Terdaftar, 31 Penangkar Benih Perkebunan Di Maluku
 

Artikel Terkait

Link Website

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday203
mod_vvisit_counterThis week1013
mod_vvisit_counterThis month3132
mod_vvisit_counterAll955734