Moratorium Tidak Surutkan Niat Disperindag Maluku Lakukan Ekspor
Written by Administrator   
Monday, 28 May 2018 01:21

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_countener.jpgMoratorium dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI soal kapal-kapal eks asing, tidak menyurutkan niat

 

dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku dalam melakukan ekspor daging ikan Tuna. Moratorium itu diperuntukan kepada kapal-kapal eks asing dan kapal-kapal eks asing itu produknya adalah ikan beku campuran kemudian di ekspor.

Ekspor yang selama ini digencarkan oleh Disperindag Maluku adalah daging ikan Tuna, sedangkan ikan campuran sementara dipersiapkan dari Dobo Kabupaten Kepulauan Aru,"kata Kepala Disperindag Maluku Elvis Pattiselano, SE. M.Si di Ambon, Senin (28/5/2018).

Menurut Pattiselano, ikan Tuna ditangkap bukan oleh kapal eks asing yang kena moratorium namun ditangkap oleh kapal long line yang dikelola oleh swasta Indonesia, dengan anak buah kapal (ABK) semuanya orang Indonesia.

Penangkapan ikan Tuna oleh kapal long line ini tidak terkena dampak dari moratorium. Prores penangkapan ikan Tuna sudah berjalan lama di Maluku namun tidak di ekspor, malahan diperdagangkan secara antar pulau.

Dengan tujuan perdagangan ke Denpasar Bali dan Jakarta, kemudian di ekspor dari sana sehingga dokumennya diurus di sana (Bali dan Jakarta-Red).

"Kita punya ikan namun Denpasar dan Jakarta yang menikmati nilai ekspor ikan Tuna,"kesalnya.

Dikatakan, kondisi ini yang membuat sehingga di bulan Februari 2018 lalu Gubernur Maluku non aktif Ir. Said Assagaff, meminta instansi terkait yang menangani ekspor seperti Disperindag, Dinas Perikanan dan Bea Cukai, untuk menyikapi ekspor ikan Tuna.

"Ini yang membuat Elvis Pattiselano, SE. M.Si sebagai Kepala Disperindag Maluku mempunyai opsesi yang tinggi, untuk melakukan ekspor daging ikan Tuna hingga saat ini dengan selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan instansi terkait lainnya.

Sumber : Tribun Maluku

Moratorium Tidak Surutkan Niat Disperindag Maluku Lakukan Ekspor
Last Updated on Monday, 28 May 2018 01:29
 

Artikel Terkait

 

Migrasi & Pelaporan LKPM OSS 1.1

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday424
mod_vvisit_counterYesterday854
mod_vvisit_counterThis week6253
mod_vvisit_counterThis month13019
mod_vvisit_counterAll1284796