Desa Sumber Agung Sebagai Sentra Produksi Sagu
Written by Administrator   
Tuesday, 12 February 2019 02:03

b_100_60_16777215_0___images_stories_berita_sagu.jpgDinas Pertanian Provinsi Maluku melaksanakan kegiatan Penataan dan Pengembangan Tanaman Sagu

di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), tepatnya di Desa Sumber Agung Kec. Bula Barat yang merupakan daerah sentra produksi Sagu.

Luas areal hutan sagu yang menjadi sasaran penataan dan pengembangan adalah 25 hektar, kini sudah diserahkan kepada 25 petani Sagu di daerah itu untuk mengelolanya,” kata Kabid Perkebunan Distan Maluku Ir. Batha Pattinama di Ambon, Jumat (8/2/2019).

Menurut Pattinama, tujuannya adalah : Tanaman sagu yang masih dalam kategori hutan sagu alami diarahkan menjadi kebun sagu, Merubah pola pikir masyarakat untuk pengembangkan sagu selain digunakan sebagai pangan non beras, juga menjaga kelestarian fungsi lingkungan,

Mempertahankan kesuburan lahan, kelestarian lingkungan dan sistem produksi yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan petani di sentra-sentra produksi, dan meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil sagu.

Sagu merupakan tanaman asli Indonesia tumbuh mendominasi di kawasan timur Indonesia yaitu di Provinsi Maluku. Sagu dapat menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan dan energi.

Pemanfaatan sagu sangat bergantung pada potensi sumber daya tanaman sagu yang tersedia, dan diperlukan suatu tindakan pengelolaan yang baik seperti tindakan budidaya, pemanenan, pengolahan dan pemanfaatan tanaman sagu, pemasaran serta sosial ekonominya.

“Dalam rangka mendukung ketahanan pangan/pemenuhan konsumsi dalam negeri, maka diperlukan upaya pengembangan tanaman non beras seperti sagu. Sagu selain sebagai pangan non beras, juga sebagai sumber energi terbarukan serta menjaga kelestarian fungsi lingkungan,” jelasnya.

Sumber : Tribun Maluku

Desa Sumber Agung Sebagai Sentra Produksi Sagu
 

Artikel Terkait

 

Migrasi & Pelaporan LKPM OSS 1.1

BPMD Facebook

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday373
mod_vvisit_counterYesterday854
mod_vvisit_counterThis week6202
mod_vvisit_counterThis month12968
mod_vvisit_counterAll1284745